Strategi Jitu Promosikan Event Kamu Lewat Digital Marketing

  1. Home
  2. »
  3. Event Management
  4. »
  5. Strategi Jitu Promosikan Event Kamu Lewat Digital Marketing

Table of Contents

Kemajuan industri digital telah menempatkan digital marketing menjadi salah satu poin penting dalam menyukseskan sebuah acara. Meskipun mengadakan acara tatap muka masih menjadi format favorit banyak orang, industri event organizer harus mengambil langkah maju dalam hal pemasaran digital.

Strategi 10 tahun lalu mungkin tidak lagi berhasil karena lanskap digital berubah drastis dalam waktu singkat. Apa yang akan terjadi—dan sepertinya menjadi kata kunci saat ini—adalah kecerdasan buatan. Bagaimana pengaruhnya terhadap industri kita di masa depan? Ini hanyalah salah satu pertanyaan yang harus terus kita tanyakan seiring kita beradaptasi dengan waktu.

Saat ini, penyelenggara acara masih berebut setiap kali mereka perlu mempromosikan acara yang akan datang karena berbagai alasan. Beberapa perusahaan memiliki sistem kaku yang tidak sesuai dengan kenyataan, sementara perusahaan lain mengumpulkan terlalu banyak data tanpa mengetahui cara memaksimalkannya.

Apakah Quiners memiliki rencana untuk menyelenggarakan sebuah event atau kamu telah selesai melaksanakannya, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan mengenai kegiatan promosi yang dilakukan sebelum, selama, dan setelah event dilaksanakan.

Dimana Quiners akan memulainya? Media apa yang akan kamu gunakan dan kapan? Pada tulisan ini akan dijelaskan tentang strategi digital marketing untuk promosi yang bisa kamu gunakan.

Pra Event

Saat pra event atau sebelum acara, kamu sudah harus memulai persiapan untuk semua kebutuhan acara. Kamu tentu saja membutuhkan adalah sebuah informasi pusat yang mencakup detail event yang akan Quiners selenggarakan. Ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Buatlah website atau microsite yang berisi informasi mengenai tema event, lokasi, waktu, latar belakang diselenggarakan event tersebut, siapa yang akan hadir, pilihan tiket atau cara mendaftar menjadi pengunjung, sponsor, dan informasi kontak yang meliputi nomor telepon, email, dan profil media sosial.
  • Mulailah membangun sebuah jaringan komunikasi dengan menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan lain-lain. Manfaatkan jaringan komunikasi yang ada untuk secara perlahan membangun sekelompok pengikut atau follower. Pastikan Quiners membuat konten promosi yang dapat menarik banyak pengguna internet. Perhatikan jumlah retweet, like, comment, dan shared untuk melihat keefektifan promosi. Jangan terlalu sering membuat sebuah postingan informasi, karena pengguna media sosial akan merasa terganggu dan menganggap bahwa postingan kamu adalah spam.
  • Jangan promosikan penjualan tiket event pada banyak paltform media sosial. Bagikan alokasi kamu pada seluruh platform media sosial agar tidak ada over-subscribe. Misalnya, kamu menyediakan 100 tiket untuk dijual, lalu bagi menjadi dua untuk dijual di Facebook 50 tiket dan 50 tiket dijual di Twitter.
  • Mulailah untuk menjalin kerjasama dengan individu atau kelompok di sekitarmu, dan yang bisa mempromosikan event kamu. Misalnya, sponsor, partner event, pembicara, peserta event, dan lain-lain.
  • Gunakan SEO! Fokuslah pada kemungkinan pencarian yang akan dilakukan oleh target audiens kamu. Misal, jika akan menyelenggarakan konferensi medis, pastikan kamu menggunakan istilah-istilah seperti ‘medis’, ‘kesehatan’, ‘dokter’, ‘rumah sakit’, ‘farmasi’, diikuti dengan ‘event’, ‘konferensi’, ‘seminar’, dan istilah lain yang berhubungan dengan kesehatan.
  • Tapi ingat, SEO akan sia-sia jika tidak didukung dengan konten website yang tepat. Jadi pada langkah ini, disarankan untuk membuat konten website yang menarik, seperti agenda event, rincian tempat, pembicara dan topik pembahasan, video dan foto-foto dari event yang sebelumnya, respon dan testimoni yang diberikan pada peserta event sebelumnya, dan lain-lain. Konten yang dapat shareable dan linkable akan sangat membantu dalam meningkatkan eksposur brand dan membantu SEO untuk meningkatkan trafik dan konversi website Anda.

Saat Event

Ketika event sedang berlangsung, jangan lupa untuk memberikan update informasinya pada jejaring sosial yang kamu gunakan. Cantumkan hashtag pada postinganmu dan ingatkan pada pengunjung atau peserta event untuk menggunakan hashtag tersebut ketika mereka memberikan pertanyaan, respon, berbagi foto, video, atau kutipan pada akun media sosial.

Tidak hanya di media sosial tetapi juga website, ini adalah kesempatan yang sayang jika tidak dimanfaatkan dimana orang-orang akan berbagi konten event yang terkait sehingga eksposure akan bertambah. Live blogging, rangkuman isi seminar, atau dokumentasi event, masing-masing memiliki peranan penting dalam hal ini. Semakin banyak konten yang relevan dengan event kamu, semakin baik untuk eksposur brand bisnismu.

Pasca Event

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai konten marketing, hal yang sama juga sebaiknya dilakukan hingga event telah selesai diselenggarakan. Jika banyak orang yang membagikan konten kamu di media sosial atau website, tambahkan lebih banyak konten, misalnya membagikan slide materi seminar atau konferensi di Slideshare, video di Youtube, foto di Instagram atau Flickr, dan jenis konten lainnya.

Dan pada saat ini adalah kesempatan yang baik untuk memanfaatkan email marketing. Jika kamu menginginkan target audiens untuk terus mengikuti informasi seputar event yang selanjutnya, email marketing adalah pilihan yang tepat. Khususnya bagi audiens yang hadir pada event, tetapi tidak memberikan respon, email marketing dapat membantu Quiners mengubah pikiran mereka dan mendapatkan perhatian mereka kembali.

Well.. Quiners ingin promosikan event lewat digital marketing? Quinbee Communications bisa membantu kamu dengan berbagai layanan digital services untuk mempromosikan event kamu. Tak perlu ragu, segera kontak kami, sob!

Similar Blog

9 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Event Organizer
15Dec

9 Alasan Kenapa Kamu Harus

Saat merencanakan sebuah acara, prioritas utama adalah pesan Quiners bisa sampai pada tamu yang hadir.

Strategi Jitu Promosikan Event Kamu Lewat Digital Marketing
14Dec

Strategi Jitu Promosikan Event Kamu

Kemajuan industri digital telah menempatkan digital marketing menjadi salah satu poin penting dalam menyukseskan sebuah

Apa itu Event Organizer, Peran dan Tugasnya
13Dec

Apa itu Event Organizer, Peran dan Tugasnya

Kehadiran Event Organizer atau EO kini semakin penting. Kemampuan EO yang bisa mengorganisir acara akan